Pantangan Makanan Saat Hati Meradang

Pantangan Makanan Saat Hati Meradang

Pantangan makanan saat hati meradang – Bila Anda saat ini tengah menderita peradangan di hati ada baiknya harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan, karena saat hati mengalami peradangan fungsi hati yang merupakan sistem dari metabolisme tubuh akan terganggu. Bagi penderitanya tidak boleh sembaran makanan boleh di konsumsi, karena ada sebagian dari makanan yang bisa memperparah kerusakan akibat peradangan di hati.

pantangan makanan penderita radang hati 211x300 Pantangan Makanan Saat Hati MeradangPenyebab dari radang hati sangatlah beragam seperti gangguan sistem imun, kebiasaan minum-minuman beralkohol, atau bisa juga diakibatkan oleh infeksi virus hepatitis A, B dan C. Namun, apapun yang menjadi penyebabnya penyakit ini tentu saja akan membuat sistem metabolisme tubuh tidak berjalan sempurna. Oleh karenanya ada beberapa jenis makanan yang harus dibatasi dan sebaiknya dijauhi oleh pada penderita radang hati.

Berikut ini pantangan makanan atau beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita radang hati seperti termuat dalam buku Natural Liver Therapy dan dikutip dari Christopherhobbs,com.Berikut penjelasannya :
1.Alkohol
Rata-rata semua jenis alkohol diduga sebagai salah satu pemicu berbagai jenis penyakit mematikan, salah satunya radang hati. Jika tubuh mengkonsumsi alkohol otomatis akan memberikan beban ekstra pada hati dan akan semakin memperparah kerusakan hati.

2. Gorengan
Pada dasarnya semua jenis makanan yang mengandung minyak sulit untuk di metabolisme oleh hati, sehingga makanan jenis ini haruslah di hindari untuk mencegah kerusakan hati lebih parah.

3. Gula yang sudah di murnikan (rafinasi)
Makanan dengan kandungan gula rafinasi seperti kue-kue, cakes, dan es krim bisa menekan sistem imun dan memacu metabolisme tubuh serta dapat meningkatkan suhu tubuh. Buah-buahan segar lebih dianjurkan bila Anda ingin makan yang manis-manis.

4. Kopi dan teh hitam
Jenis minuman seperti kopi dan teh hitam juga ternyata bisa meningkatkan metabolisme tubuh, merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan suhu tubuh.

5. Makanan pedas
Makanan pedas seperti yang mengandung cabai, merica, atau bahkan bawang merah tidak di anjurkan bagi penderita radang hati (hepatitis).

6. Obat antiradang dan antibiotik
obat yang mengandung antiradang dan antibiotik memiliki sifat toksik/racun bagi hati. Konsultasikan pada dokter atau apoteker sebelum mengkonsumsi obat-obat kimia yang dijual bebas.

7. Obat pereda nyeri
obat-obatan pereda nyeri seperti aspirin dan terutama yang mengandung asetaminofen memiliki sifat racun bagi hati sehingga obat jenis ini harus dihindari.

Ada baiknya Anda menghindari jenis-jenis makanan pantangan penderita penyakit hati tersebut. Anda lebih baik mengkonsumsi jenis makanan yang baik dan menyehatkan hati seperti : Baca – Anjuran makanan penderita penyakit hati

Itulah sedikit informasi yang bisa saya sampaikan. Meskipun informasinya sedikit, mungkin bisa berguna bagi kesehatan tubuh Anda kedepannya. Salam sehat !

Posted By : Pantangan makanan saat hati meradang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *